5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

Menurut peraturan Permendikbud No. 14 Tahun 2018 bahwa Siswa yang dibawah 6 tahun tidak dibolehkan masuk SD (SD) kelas 1 meskipun kurang 1 hari, kecuali kalau ada surat rekomendasi daro Psikolog / Dewan Guru bahwa sudah layak / kematangan bersekolah. sehinga kalau tetap dipaksakan masuk sekolah maka akan keluar warta invalid di dapodik. untuk mengatasi invalid ini semoga bisa menyelasikan kiprah dapodik anda harus melaksanakan upload surat keterangan dari psikolog maupun dari dewan guru.

untuk mengupload surat tersebut sebenarnya tidaklah susah cukup mudah. kalau anda tidak tahu cara upload surat dari psikolog ke dapodik versi terbaru ini 2019c anda berada di daerah yang sempurna alasannya pada kesempatan kali ini saya akan membagikan perihal cara mengupload surat keterangan dari psikolog.
sebelumnya mungkin anda perlu tahu sedikit mengenai yang menentukan kematangan sekolah pada anak.
Untuk diketahui Surat Keterangan/Rekomendasi Psikolog yang dipersyaratkan oleh Sekolah seharusnya menggambarkan KEMATANGAN SEKOLAH, yaitu kesiapan seorang anak baik secara fisik maupun psikologis untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Dasar. Makara ada WAKTU CUKUP yang dibutuhkan oleh Psikolog untuk menyelidiki anak dengan seksama sesuai dengan aspek kematangan sekolah yang harus diukur, sehingga kelak tidak ada kesulitan baik bagi siswa, orang bau tanah dan sekolah. Tidak menyerupai Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang hanya berisi Pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan dan Tekanan Darah saja yang sanggup dibentuk hanya beberapa menit prosesnya.
Anak yang akan mulai masuk sekolah dasar, berada pada tahapan/masa anak lanjut. Masa ini merupakan salah satu tonggak dalam hidupnya, ditandai oleh banyak perubahan dalam sikap dan perilaku. Sekitar umur 6 tahun anak secara fisik mengalami perubahan bentuk tubuh kanak-kanak ke bentuk tubuh anak sekolah. Pada masa kanak-kanak kepala relatif besar, tubuh bulat, bab atas dan bab bawah sama lebarnya, kaki dan tangan relatif pendek dan bulat. Secara proporsional (dibandingkan dengan bagian-bagian tubuh lainya) untuk usia sekolah dasar kepalanya relatif kecil sedangkan lengan dan kakinya relatif panjang, tubuh relatif pendek dibandingkan dengan kaki, mulai tampak ada pinggang.
Bersamaan dengan perubahan perkembangan fisik, tampak pula ada perubahan mental. Menurut para andal psikologi anak menyerupai Charlotte Buhler dan Hildegarde Hetzer (keduanya perempuan Jerman) ada kekerabatan yang signifikan antara perkembangan tubuh dan perkembangan jiwa, sehingga tingkat perkembangan fisik anak sekolah sanggup merupakan patokan bagi kematangan jiwanya. Oleh alasannya itu salah satu patokan untuk menentukan kematangan sekolah anak (yaitu sejauh mana anak sudah cukup matang atau siap untuk sanggup masuk kelas satu sekolah dasar) yaitu dengan melihat perkembangan fisiknya. Ada anak yang pada umum 6 tahun sudah cukup matang untuk masuk kelas satu sekolah dasar, tetapi ada pula anak yang pada umur itu belum siap mengikuti pelajaran di kelas satu sekolah dasar, dan hal ini tidak hanya tergantung dari taraf kecerdasan saja. Dari pengalaman, kita mengenal bawah umur yang sudah berumur 6 tahun dan taraf kecerdasannya termasuk cukup tinggi, yaitu diatas rata-rata namun ditinjau dari perkembangan jiwanya mereka belum cukup matang untuk bersekolah. Mereka mengalami kesulitan dalam menangkap pelajaran di kelas, bukan alasannya daya tangkapnya kurang tetapi antara lain alasannya sikapnya yang masih kekanak-kanakan. Mereka belum sanggup duduk membisu di kursi dalam waktu yang lama, belum sanggup memusatkan perhatian terhadap tugas-tugas yang diberikan. Secara umum mereka belum sanggup mengikuti keadaan terhadap tuntutan-tuntutan lingkungan sekolah.

HAL-HAL APA SAJA YANG MENENTUKAN KEMATANGAN SEKOLAH SEORANG ANAK

1. Perkembangan fisik, merupakan salah satu faktor penentu kematangan sekolah anak. Berdasarkan hasil penelitian yang memakai ukuran antropometrik, menemukan bahwa siswa-siswa yang gagal di kelas satu sekolah dasar, perkembangan fisiknya kurang matang dibandingkan siswa yng berhasil. Dalam hal ini minimal perlu dilihat Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halusnya.
2. Perkembangan mental merupakah salah satu patokan kematangan sekolah, yang sanggup diukur dengan tingkat inteligensi atau tes kematangan sekolah. Kedua jenis tes ini terdiri dari majemuk kiprah yang harus diselesaikan oleh  anak.
3. Kematangan emosi, sejauh mana seorang anak masih tergantung pada orang tuanya atau masih terikat pada ibunya juga menjadi patokan kematangan sekolah. Anak yang masih terlalu “lengket” pada ibunya, segala sesuatu harus dilakukan oleh ibu atau bersama ibu, akan mengalami kesulitan kalau di dalam kelas ia harus berpisah dari ibunya dan harus patuh terhadap peraturan-peraturan di kelas.
4. Sejak umur 4 tahun anak sudah mulai lebih mandiri, antara lain tampak dari kemampuan menentukan aktivitas yang ingin dilakukan. Kegiatan mana yang dipilih tergantung dari minat anak dan pengaruh-pengaruh dari  lingkungan, yaitu lingkungan keluarga (termasuk cara pendidikan) dan lingkungan sobat sebaya. Ada anak yang selalu ragu-ragu, takut-takut, atau selalu berubah-ubah dalam menentukan aktivitas yang akan dilakukan.
5. Anak yang cukup matang untuk bersekolah tidak hanya sanggup menentukan sendiri suatu tugas, tetapi sanggup pula menuntaskan kiprah itu. Perkembangan kesadaran akan kiprah sanggup dilihat dari kemampuan anak untuk menuntaskan baik kiprah yang diberikan maupun kiprah yang dipilih sendiri. Menyelesaikan kiprah yang dipilih sendiri memerlukan lebih banyak inisiatif daripada kiprah yang diberikan oleh orang lain.
6. Ketepatan prestasi kerja juga merupakan salah satu faktor yang menentukan kematangan anak bersekolah. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan yaitu sejauh mana anak itu bisa memperhatikan, berapa usang perhatiannya sanggup bertahan, bagaimana daya konsentrasinya, keuletan bekerjanya, sejauh mana perhatiannya gampang beralih, dan sebagainya. Ketepatan kerja anak sanggup dilihat dari kiprah yang harus diselesaikan dalam beberapa hari; demikian pula keuletannya mengatasi kesulitan-kesulitan yang timbul, tanpa cepat-cepat meminta derma guru.
7. Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam menilai kematangan bersekolah yaitu keteraturan anak baik dalam berpikir maupun dalam perilaku, termasuk tingkah laris sosial. Hal ini sanggup dilihat antara lain dari cara menggambar, bermain, berbicara dan tolong-menolong dalam tugas-tugas kelompok.

CARA UPLOAD SURAT DARI PSIKOLOG KE DAPODIKDASMEN 2019.C

Berikut yaitu langkah-langkah Cara Upload surat Rekomendasi Psikolog / Dewan Guru Di Web Manajemen Sekolah.

1. login dapodikdasmen 2019c
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

Masuk ke alamat: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ klik login dan pilih Manajemen Sekolah.

2. masukkan user dan password
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

Masukan Username dan Password sesuai dengan akun Dapodik sekolah anda masing-masing.

3. pilih penerima didik

Setelah login silahkan anda pilih Peserta Didik yang dinyatakan harus melengkapi dokumen dari Psikolog / Dewan Guru menyerupai pada gambar berikut.
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU
Upload dokumen surat rekomendasi. Geser Scrool ke sebelah kanan menyerupai gambar berikut.
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

4. pilih dokumen surat anda

Pilih dokumen surat rekomendasi Psikolog / Dewan Guru yang sudah anda persiapkan yang telah anda persiapkan dengan mengklik tombol open. lihat gambar berikut.
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

Jika Dokumen Surat Rekomendasi telah berhasil diupload maka akan tampak menyerupai gambar berikut.
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

5. klik simpan

Langkah terakhir yaitu klik tombol simpan dan tutup. Kemudian lakukan singkronisasi pada aplikasi Dapodik. Selesai sudah Dokumen Rekomendasi Psikolog / Dewan Guru kita upload di Web Manajemen Sekolah.
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

berikut pola surat keterangan dari sekolah 
 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN  5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU

itulah ia cara mengatasi invalid siswa yang belum berakal balig cukup akal 6 tahun dengan melaksanakan upload surat keterangan atau rekomendasi dari sekolah ataupun psikolog.

Comments/disqusion
No comments